Saturday, October 31, 2015

Kekuasaan (Psikologi Manajemen)


1.Menurut C. Wright Mills, kekuasaan adalah dominasi, yaitu kemampuan untuk melaksanakan kemauan kendatipun orang lain menentangnya.

2.Menurut Max Weber, kekuasaan adalah kemampuan untuk dalam suatu hubungan sosial, melakukan kemauan sendiri sekalipun mengalami perlawanan dan apa-pun dasar kemampuan ini.


3.Menurut Walter Nord kekuasaan itu sebagai suatu kemampuan untuk mempengaruhi aliran, energi dan dana yang tersedia untuk mencapai suatu tujuan yang berbeda secara jelas dari tujuan lainnya. Kekuasaan dipergunakan hanya jika tujuan-tujuan tersebut paling sedikit mengakibatkan perselisihan
satu sama lain.

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa kekuasaan adalah kemampuan untuk melaksanakan kemauan untuk mencapai tujuan dan tetap dilaksanakan kendati ada yng menentangnya.


SUMBER-SUMBER KEKUASAAN
Di bawah ini akan dijelaskan mengenai sumber-sumber kekuasaan menurut French dan Raven :

1. Reward Power
Tipe kekuasaan ini memusatkan perhatian pada kemampuan untuk member ganjaran atau imbalan atas pekerjaan atau tugas yang dilakukan orang lain.

2. Coercive Power
Kekuasaan bertipe paksaan , lebih memeusatkan kemampuan untuk member hukuman kepada orang lain.

3. Referent Power
Tipe kekuasaan ini didasarkan pada satu hubungan ‘kesukaan’ atau liking, dalam arti ketika seseorang mengidentifikasi orang lain yang mempunyai kualitas atau persyaratan seperti yang diinginkan.

4. Expert Power
Kekuasaan yang berdasar pada keahlian ini memfokuskan diri pada suatu keyakinan bahwa seseorang yang mempunyai kekuasaan, pastilah ia memiliki pengetahuan, keahlian dan informasi yang lebih banyak dalam suatu persoalan.

5. Legitimate Power
Kekuasaan yang sah adalah kekuasaan yang sebenearnya, ketika sesorang melalui suatu persetujuan dan kesepakatan diberi hak untuk mengatur perilaku orang lain dalam suatu organisasi.



DAFTAR PUSTAKA :
Cholisin, M. Si dkk. 2006. Dasar-dasar Ilmu Politik. Yogyakarta : FISE UNY

Thoha, Miftah. 2003. Kepemimpinan dalam Suatu Manajemen: Suatu Pendekatan Perilaku. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

No comments:

Post a Comment